Rabu, 26 Oktober 2011

Makanan Pencegah Kebotakan


Ikan, telur dan kacang-kacangan

Rambut terdiri dari protein, oleh karena itu secara logika apabila kita banyak makan makanan yang mengandung protein maka rambut kita akan semakin sehat. Namun makan daging setiap hari tidak dianjurkan. Konsumsi makanan yang tinggi lemak akan meningkatkan kadar testosteron yang sering dikaitkan dengan kebotakan, jadi daging bukan termasuk makanan yang bisa mencegah kebotakan. Pilihlah sumber protein lain seperti ikan, ayam, ati sapi, keju low-fat, telur, kacang-kacangan dan yoghurt. Susu kedelai dan tahu juga tinggi protein dan rendah lemak.


Kismis

Zat besi memegang peranan penting dalam produksi hemoglobin, bagian dari darah yang membawa oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Saat hemoglobin anda berada di tingkatan yang sehat, maka oksigen akan terdistribusikan dengan baik. Artinya kulit kepala anda mendapat asupan darah yang cukup sehingga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. Menambah zat besi bukan berarti anda harus makan ati sapi setuap hari. Bila anda penyuka manis, ingatlah bahwa buah-buahan kering (seperti kismis) dan jus ceri tinggi akan kandungan zat besi. Telur, kismis, sayuran hijau tua, dan sereal semuanya sarat zat besi. Vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi, jadi buah-buahan seperti jeruk, strawberry dan lemon harus ada dalam daftar belanja anda.

Tauge

Anda mungkin tak pernah mendengar kata 'silika' dikaitkan dengan diet (atau dalam hal ini makanan pencegah kebotakan). Jika anda ingin rambut anda tumbuh dengan subur dan mencegah kebotakan, maka silika patut dimasukan dalam daftar menu. Tubuh kita menggunakan silika untuk membantu penyerapan vitamin dan mineral; jika anda kurang mengkonsumsi silika, maka semua vitamin yang anda konsumsi akan menjadi kurang efektif. Silika bisa ditemui di tauge atau kecambah, kulit ketimun, paprika hijau dan merah, serta kentang. Ingat, apabila makanan-makanan tersebut dimakan mentah, maka manfaatnya akan lebih besar lagi.

Seafood

Kebanyakan pria yang menderita kebotakan memiliki kadar zinc yang rendah dalam tubuh mereka. Zinc memegang peranan penting dalam berbagai fungsi tubuh, mulai dari reproduksi sel hingga keseimbangan hormon. Dan yang paling penting tentu saja fungsi zinc dalam mengelola kelenjar yang menempel pada folikel-folikel rambut. Saat kadar zinc anda rendah, maka folikel tersebut akan menjadi lemah sehingga akar rambut menjadi kurang kuat. Untuk melawan kondisi ini, konsumsilah makanan kaya zinc, seperti kerang, udang dan makanan laut lainnya. tapi awas, kelebihan zinc juga kurang baik. Komsumsilah dalam kadar wajar.

Kentang

Fast food selalu menggoda untuk dinikmati, namun makanan berminyak adalah salah satu penyebab rambut rontok. Jika anda merasa ingin makan burger dan kentang goreng, masaklah burger itu sendiri dan hidangkan dengan kentang panggang beserta kulitnya. Batasi asupan makanan yang terlalu dingin, pedas atau manis.

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan Artikel @kodokkampus:

Delivered by FeedBurner

Postingan Terkait